Jurusan Ilmu Komunikasi Akreditasi

Nah apa sih akreditasi itu?

Apa sih akreditasi itu? Akreditasi adalah sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan penjaminan mutu alumni perguruan tinggi, sehingga kualitasnya antar PT tidak terlalu bervariasi sesuai kebutuhan kerja. Jika ibarat sebuah mobil, maka akreditasi adalah semacam keterangan kelaikan dari sebuah badan penjamin mutu bahwa mobil yang diproduksinya layak dipasarkan.

Akreditasi di perguruan tinggi ada 2, akreditasi institusi dan akreditasi program studi. Akreditasi institusi merupakan akreditasi terhadap institusi perguruan tingginya, misal akreditasi Universitas Indonesia. Sedangkan Akreditasi program studi merupakan akreditasi terhadap program studinya misal akreditasi Program Studi S-1 Kimia UI. Akreditasi institusi dilakukan oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), sedangkan akreditasi program studi dilakukan oleh LAM PT (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi).

Setidaknya ada 2 tujuan akreditasi, yaitu:

  1. menginformasikan kinerja institusi perguruan tinggi/program studi kepada masyarakat
  2. mengetahui kekurangan dalam rangka untuk memperbaiki kinerja

Penilaian Akreditasi Program Studi

Penilaian akreditasi program studi didasarkan pada 10 standar, antara lain:

  1. Standar Isi
  2. Standar Proses
  3. Standar Kompetensi Lulusan
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan
  6. Pengelolaan Program Studi
  7. Standar Pembiayaan
  8. Standar Penilaian
  9. Standar Penelitian
  10. Standar Pengabdian Kepada Masyarakat

Nanti dari ke-10 standar tsb didropdwon lagi menjadi beberapa substandar yang lebih rinci dengan bobot nilai yang berbeda-beda.

Setelah sepuluh standar di atas dinilai, akan didapat nilai akhir (skala 0-400) yang nentuin bahwa prodi ini dapet akreditasi A, B, C, atau NA (nir-akreditasi/tak terakreditasi)

AkreditasiNilai
A361-400
B301-360
C201- 300
NA<201

Nah jadi dari akreditasi ini, kita bisa melihat mutu / kualitas program studi berdasarkan 10 standar penilaian di atas.

Selain untuk melihat kualitas mutu suatu jurusan, akreditasi ini juga digunakan sebagai standar untuk mengeluarkan ijazah. Untuk bisa mengeluarkan ijazah, sebuah prodi harus minimal terakreditasi C. Kalo NA ga bisa ngeluarin ijazah. Harus di proses akreditasi lagi paling cepet setaun kedepan.

Bagaimana dengan prodi baru? pada taun awal emang ga terakreditasi. Jadi harus mengajukan diri buat diakreditasi, meski belum punya lulusan. Tapi karena belum punya lulusan, memang relatif sulit untuk prodi baru langsung dapet akreditasi yg memuaskan. Namun pemerintah saat ini sudah menerapkan aturan kalau akreditasi program studi baru akan otomatis minimal terakreditasi C.

Nah nilai akreditasi ini berlaku selama 5 tahun. Jadi sebelum habis 5 tahun masa kareditasi, harus udah diakreditasi ulang agar tidak kadaluarsa. Akreditasi ulang bisa membuat nilai akreditasinya naik, tetep atau turun, tergantung penilaian saat itu, soalnya penilaian ini mulai dari awal lagi

Bagaimana jika akreditasi terlanjur kadaluarsa? Akreditasi kadaluarsa artinya nilai akreditasinya sudah lewat 5 tahun dan gak berlaku lagi, artinya sama dengan NA atau ga bisa nerbitin ijazah! Jadi yang udah terlanjur kadaluarsa harus segera minta untuk di proses akreditasi lagi.

sumber : https://halokampus.com/kuliah/akreditasi-jurusan-program-studi/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*